Skip to main content

Timer pada Delphi


LOGIKA PROGRAM (FORM 1)
unit Timer;

interface

uses
  Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
  Dialogs, ExtCtrls, StdCtrls, Menus;

type
  TForm1 = class(TForm)
    MainMenu1: TMainMenu;
    N1: TMenuItem;
    Merah1: TMenuItem;
    Kuning1: TMenuItem;
    Biru1: TMenuItem;
    Hitam1: TMenuItem;
    Menu1: TMenuItem;
    Form21: TMenuItem;
    Exit1: TMenuItem;
    Label1: TLabel;
    Label2: TLabel;
    Timer1: TTimer;
    Timer2: TTimer;
    Hijau1: TMenuItem;
procedure Timer1Timer(Sender: TObject);
    procedure Timer2Timer(Sender: TObject);
    procedure Merah1Click(Sender: TObject);
    procedure Kuning1Click(Sender: TObject);
    procedure Biru1Click(Sender: TObject);
    procedure Hijau1Click(Sender: TObject);
procedure Hitam1Click(Sender: TObject);
    procedure Form21Click(Sender: TObject);
    procedure Exit1Click(Sender: TObject);
  private
    { Private declarations }
  public
    { Public declarations }
  end;
var
  Form1: TForm1;

implementation

uses Timer1;

{$R *.dfm}


Pertama-tama adalah membuat desain, langkah ini sangat mudah dilakukan, yaitu dengan cara mengarahkan mouse pada Button atau component yang diinginkkan. Pada program ini saya membuat 2 Label, 1 Main Menu, dan 2 Timer. Setelah mendesain dengan componet tersebut, maka otomatis delphi mengkoding seperti code diatas. Code diatas adalah 2 Label, 1 Main Menu, dan 2 Timer. Kemudian, ini adalah bagian terpenting yaitu, merubah nama masing - masing component tersebut. Pada program ini saya merubah :

Label1 = Selamat Datang di Program Nilai

Label2 = Created by :@yudo_rahadya
Mainmenu1 = Klik 2x pada icon mainmenu  yang ada didalam form1, maka akan muncul seperti ini.


Kemudian, klik kanan à Insert , dan buat seperti yang ada pada gambar dibawah ini.


Setelah itu close Form1.MainMenu1, maka akan muncul seperti ini :


procedure TForm1.Timer1Timer(Sender: TObject);
begin
IF label1.Visible then label1.Visible := False
else Label1.Visible := True;
end;
 
Langkah Ketiga bagaimana caranya Tulisan pada Label2 bergerak. Caranya adalah klik 2x


Dan ketik code dibawah ini :

procedure TForm1.Timer2Timer(Sender: TObject);
begin
IF label2.Left = -240 then label2.Left := 440
else label2.Left := label2.Left -2
end;
Langkah Keempat, mewarnai Tulisan pada Label1. Caranya adalah klik Menu Warna à pilih sub menu warna.


Untuk Warna Merah, klik 2x Merah dan isi kode berikut ini :
procedure TForm1.Merah1Click(Sender: TObject);
begin
label1.Color := clred;
end;
Untuk Warna Kuning, klik 2x Kuning dan isi kode berikut ini :
procedure TForm1.Kuning1Click(Sender: TObject);
begin
label1.Color := clyellow;
end;
Untuk Warna Biru, klik 2x Biru dan isi kode berikut ini :
procedure TForm1.Biru1Click(Sender: TObject);
begin
label1.Color := clblue;
end;
Untuk Warna Hijau, klik 2x Hijau dan isi kode berikut ini :
procedure TForm1.Hijau1Click(Sender: TObject);
begin
label1.Color := clgreen;
end;
Untuk Warna Hitam, klik 2x Hitam dan isi kode berikut ini :
procedure TForm1.Hitam1Click(Sender: TObject);
begin
label1.Color := clblack;
end;
Langkah Kelima, Bagaimana caranya pindah dari Form1 ke Form2.


Caranya klik 2x dibagian Form2, dan isi code dibawah ini :
procedure TForm1.Form21Click(Sender: TObject);
begin
Form1.Hide;
Form2.Show;
end;
Sebelum membuat menu pindah dari Form1 ke Form2, disarankan untuk membuat Form2 terlebih dahulu. Cara membuat Form2 adalah sebagai berikut :
Klik File à New à Form




LOGIKA PROGRAM (FORM 2)

unit Timer1;

interface

uses
  Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
  Dialogs, StdCtrls, ExtCtrls, Menus;

type
  TForm2 = class(TForm)
    Label1: TLabel;
    Label2: TLabel;
    Edit1: TEdit;
    Button1: TButton;
    Button2: TButton;
    Timer1: TTimer;
    Button3: TButton;
    MainMenu1: TMainMenu;
    Menu1: TMenuItem;
    Form11: TMenuItem;
    procedure Timer1Timer(Sender: TObject);
    procedure Button1Click(Sender: TObject);
    procedure Button2Click(Sender: TObject);
    procedure Button3Click(Sender: TObject);
    procedure Form11Click(Sender: TObject);
  private
    { Private declarations }
  public
    { Public declarations }
  end;

var
  Form2: TForm2;

implementation

uses Timer;

{$R *.dfm}

Pertama-tama adalah membuat desain, langkah ini sangat mudah dilakukan, yaitu dengan cara mengarahkan mouse pada button atau component yang diinginkkan. Pada program ini saya membuat 2 label, 3 Button,1 Edit text,1 Main Menu, dan 1 Timer. Setelah mendesain dengan componet tersebut, maka otomatis delphi mengkoding seperti code diatas. Code diatas adalah 2 label, 3 Button,1 Edittext,1 Main Menu, dan 1 Timer. Kemudian, ini adalah bagian terpenting yaitu, merubah nama masing - masing component tersebut. Pada program ini saya merubah :

Label1 = Grade Nilai
Label2 = Masukkan Nilai Anda  :
Button1= Grade
Button2= Hapus
Button3= Keluar
Edit1= (Kosong)
Main.Menu1= Klik 2x pada icon mainmenu  yang ada didalam form1, maka akan muncul seperti ini.



Kemudian, klik kanan à Insert , dan buat seperti yang ada pada gambar dibawah ini.
Setelah itu close Form2.MainMenu1, maka akan muncul seperti ini :


Langkah Kedua, Klik Menu à Form1


Kemudian Klik 2x dan isi code dibawah ini
procedure TForm2.Form11Click(Sender: TObject);
begin
Form2.Hide;
Form1.Show;
end;
Langkah yang Ketiga bagaimana caranya Tulisan pada Label1 kedip – kedip .Caranya adalah
Klik 2x  







dan  ketik code dibawah ini :
procedure TForm2.Timer1Timer(Sender: TObject);
begin
IF label1.Visible then label1.Visible := False
else label1.Visible := True;

Langkah yang Keempat klik 2x pada Button 

,maka akan muncul form isian dan isi kode dibawah ini :
procedure TForm2.Button1Click(Sender: TObject);
var
nilai : integer;
begin
nilai := StrToInt (Edit1.Text);
IF (nilai < 30) then
Application.MessageBox('Grade E','Grade',0);
IF (nilai >= 30) And (nilai < 55) then
Application.MessageBox('Grade D','Grade',0);
IF (nilai >= 55) And (nilai < 70) then
Application.MessageBox('Grade C','Grade',0);
IF (nilai >= 70) And (nilai < 85) then
Application.MessageBox('Grade B','Grade',0);
IF (nilai >= 85) And (nilai <= 100) then
Application.MessageBox('Grade A','Grade',0);
IF (nilai > 100) then
Application.MessageBox('Input Anda Salah','Grade',0);

end;

Langkah yang Kelima, klik 2x pada Button






,maka akan muncul form isian dan isi kode dibawah ini :
procedure TForm2.Button2Click(Sender: TObject);
begin
Edit1.Text :=' ';
 end;


Langkah yang Keenam, klik 2x pada Button   



,maka akan muncul form isian dan isi kode dibawah ini :
procedure TForm2.Button3Click(Sender: TObject);
begin
Application.Terminate;
end;

OUTPUT
Output dari Form1







Comments

Popular posts from this blog

Program Kasir Restoran pada Python

Listing Program def menuutama(): print("") n = raw_input('masukkan nama Konsumen: ') print 'Nama Konsumen :',n print """Masukkan Pilihan 1. Bayar 2. Keluar""" print("") def menuutama1(): print """Masukkan Pilihan 1. Bayar 2. Keluar""" print("") class makanan(): def bakso (self,x): jmlhpsn = x * 7000 pajak = jmlhpsn * 0.1 total = jmlhpsn + pajak print 'Harga Bakso = Rp 7000' print '' print 'Total Makanan = Rp ',jmlhpsn print 'Pajak = Rp ',pajak print'___________________________________+' print 'Total Seluruhnya = Rp ', total return jmlhpsn def mieayam (self,x): jmlhpsn = x * 6000 pajak = jmlhpsn * 0.1 total = jmlhpsn + pajak

PT. Swadharma Sarana Informatika

Pada tulisan ini saya akan menuliskan sebuah profil perusahaan untuk memenuhi tugas matakuliah softskill Pengantar Bisnis Informatika. Profil perusahaan yang akan saya bahas adalah PT. Swadharma Sarana Informatika. Kemudian, saya mendapatkan informasi mengenai perusahaan tersebut dari teman lama saya yang bekerja diperusahaan tersebut melalui pesan facebook dan website perusahaan.             Berikut ini adalah profil dari   perusahaan tersebut yang saya kutip dari website resminya. Perjalanan PT. Swadharma Sarana Informatika dimulai pada tahun 1996, dan kehadirannya dimaksudkan untuk memberikan dukungan pelanyanan prima dalam pengelolaan sarana teknologi komputer. Dalam perkembangannya PT. Swadharma Sarana Informatika semakin tumbuh dan terus meningkat profesionalismenya sejalan dengan perubahan teknologi dan bisnis pada umumnya khususnya di sektor perbankan. Layanan yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut : -           Pemasangan (Instalasi) mesin ATM berbagai Merk. -

Pascal

Pascal adalah bahasa pemrograman yang pertama kali di buat oleh Profesor Niklaus Wirth, seorang anggota International Federation of Information Processing (IFIP) pada tahun 1971. Dengan mengambil nama dari matematikawan Perancis, Blaise Pascal, yang pertama kali menciptakan mesin penghitung, Profesor Niklaus Wirth membuat bahasa Pascal ini sebagai alat bantu untuk mengajarkan konsep pemrograman komputer kepada mahasiswanya. Selain itu, Profesor Niklaus Wirth membuat Pascal juga untuk melengkapi kekurangan-kekurangan bahasa pemrograman yang ada pada saat itu. Kelebihan Kelebihan dari bahasa pemrograman Pascal adalah: Tipe Data Standar, tipe-tipe data standar yang telah tersedia pada kebanyakan bahasa pemrograman. Pascal memiliki tipe data standar: boolean, integer, real, char, string, User defined Data Types, programmer dapat membuat tipe data lain yang diturunkan dari tipe data standar. Strongly-typed, programmer harus menentukan tipe data dari suatu variabel, dan v