Skip to main content

Ketika Ruang Guru Lebih Booming Dari Rumah Belajar Kemendikbud

Ketika Ruang Guru Lebih Booming Dari Rumah Belajar Kemendikbud



Beberapa minggu lalu gw buka twitter dan baca-baca timeline. Tak sengaja gw melihat ada seseorang yang membuat sebuah thread yang membahas mengenai keluh kesah mengenai trend bimbel online  berbayar lebih booming dibanding platform belajar gratis yang di buat oleh kemendikbud. Daripada gw jelasin panjang lebar berikut dibawah ini beberapa potongan twit dari orang tersebut.


Kalau dilihat dari potongan twit diatas, si penulis ini adalah seorang anak yang orang tuanya bekerja di kemendikbud. Dimana adanya perbincangan ringan antara orang tua dan seorang anak yang membahas tayangan televisi mengenai promosi bimbel online berbayar yang begitu masif. Mungkin kita semua sudah tahu, beberapa bulan belakangan, hampir disetiap minggu dibeberapa media televisi nasional slot tayangan acara dipagi hingga siang hari di isi oleh promosi dari ruang guru. Acara tersebut seakan membawa kita terbawa oleh sosok dilan aka iqbaal ramadhan yang sedang di didambakan oleh anak muda zaman sekarang. Selain iqbaal, ada juga beberapa youtuber dan lainnya sedang naik daun menjadi brand ambassador dari ruang guru.

Balik lagi, melanjutkan potongan twit sebelumnya.

Dari twit diatas, dia mengenalkan bimbel online gratis yaitu Rumah Belajar yang mana ini dibuat oleh sebuah instansi pemerintah yaitu kemendikbud. Ditulisan selanjutnya dia menjelaskan fitur-fitur apa saja yang ada di dalam website Ruang Belajar.





Setelah membaca twit diatas, gw penasaran untuk mengunjungi website rumah belajar. Setelah gw kunjungi fitur-fitur yang ada didalam website tersebut tak kalah bagusnya dengan yang ada di ruang guru.


Akan tetapi apa sih yang membedakan antara ruang guru dengan rumah belajar. Pasti semua orang memiliki pertanyaan yang sama. Kalau dari sudut pandang pribadi gw. Antara ruang guru dan rumah belajar pada inti dan tujuan mereka sama, akan tetapi perbedaannya adalah bentuk kemasannya saja yang membedakan keduanya. Kemasan yang dimaksud adalah bagaimana mereka mempromosikan dan memperkenalkan kepublik sehingga produk yang mereka buat dikenal publik. Selain itu ruang guru ini membawa orang-orang yang berpengaruh seperti artis sampai selebgram menjadi brand ambassador mereka, yang mana mereka berhasil membawa para fansnya untuk berlangganan produk tersebut. Sedangkan Rumah Belajar dari Kemendikbud, dari sudut pandang gw sebagai user. Kurangnya promosi ke publik dan tak ada artis yang menjadi  brand ambassador dari produk mereka. Menjadikan rumah belajar kalah booming dengan ruang guru.


Sumber :

https://ruangguru.com/ tanggal akses 05 Februari 2019
https://belajar.kemdikbud.go.id/Dashboard/ tanggal akses 05 Februari 2019

Comments

  1. menurut saya ruang guru memang trobosan yang bagus gan, untuk media belajar

    ReplyDelete
  2. Karna lewat brand para artis dan youtuber terkenal ruang guru lebih di kenal oleh para pelajar di bandingkan rumah blajar tidak heran walaupun tidak gratis tapi banyak yang menggunakan ruang guru dari pada rumah blajar yang geratis....

    ReplyDelete
  3. Wah ane malah baru tahu ini situs di iklan di tv, memang bagus itu website utk pelajar biar tambah piter ya sob

    ReplyDelete
  4. Dua-dua nya punya maksud baik, ingin mamajukan pendidikan Indonesia hehe Kalau ditanya lebih booming mana, emang Ruangguru lebih booming, karena mereka iklannya besar-besaran dan pernah denger sama beberapa org yang udah pernah coba keduanya kalau Ruangguru UI UX nya lebih bagus jadi lebih enak di gunakan.

    ReplyDelete
  5. "Kurangnya promosi ke publik dan tak ada artis yang menjadi brand ambassador dari produk mereka. Menjadikan rumah belajar kalah booming dengan ruang guru."

    sudah tau dari kalimat diatas kenapa yang kemendikbud kalah booming dengan ruangguru,
    tapi terlepas itu semua saya yakin ke 2 nya ingin sama sama memajukan pendidikan Indonesia, semangat buat kemendikbud dan ruangguru

    ReplyDelete
  6. masing-masing punya kelebihan sih emang, tapi aku pribadi prefer pake ruangguru sis

    ReplyDelete
  7. mungkin karna rumah belajar dari kemendikbud belum banyak yang tau. tidak ada sounding yang baik sehingga masyarakat ga ada yang ngerti. sedangkan platform yang berbayar jelas akan gencar dalam iklan dan promosi mereka. tapi untuk refernsi sih ya... dua-duanya toh sama-sama untuk membantu siswa dalam belajar. tinggal sesuai kebutuhan aja. klo mau langganan ruangguru juga tidak terlalu mahal plus aktif untuk pake rumah belajar supaya bisa dapet soal-soal yang lebih variatif juga lebih oke kah?
    so, mau pilih salah satu ato di mix semua oke kok
    yang terpenting adalah pendidikan Indonesia lebih maju, generasi muda lebih cerdas dan mampu bersaing dengan negara lain :D
    100% Indonesia

    ReplyDelete
  8. memang rumah belajar dari kemendikbud disediakan gratis dan sangat membantu para siswa untuk belajar, akan tetapi ruangguru menyediakan layanan yang lebih komplit dan lebih mudah diakses

    ReplyDelete
  9. Kebetulan aku udah pernah pakai dua dua nya ya. Kalau menurut aku, yang Rumah Belajar Kemendikbud kurang update aja. Beberapa materi kalau dibuka masih kosong atau kalau gk hanya berisi penjelasan dengan tulisan panjang. Nah, kalau Ruangguru sendiri banyak inovasi nya dan up to date, dari mapel sampai kurikulumnya. Metode belajarnya pun pakai video beranimasi yang serasa misi game. Kalau ditinjau dari sisi harga, walau Rumah Belajar Kemendikbud punya kelebihan karena gratis, di Ruangguru menurut aku, masih sangat terjangkau juga bagi seluruh kalangan masyarakat :)

    ReplyDelete
  10. Keduanya sama- sama bagus. Sama- sama menyajiikan konten pelajaran. Kalau kebutuhannya memahami pelajaran secara mudah dan ga bosen, Ruangguru bisa menjadi solusinya. Secara konten mendalam, dikonteksin sama kehidupan sehari-hari lewat animasi dan visual yang friendly untuk pelajar SD/SMP/SMA. Jadi, bisa mengaplikasikannya di kehidupan sehari hari. Ruangguru menurut aku adalah sebuah terobosan baru dalam dunia Pendidikan dan Teknologi.

    ReplyDelete
  11. Kalo buat aku yg suka game, aku lebih prefer ruang guru. Trus kalo maslah biaya, jng salah, ruang guru jga da yg free aku suka nyoba yg free

    ReplyDelete
  12. Makasih informasinya, keren pemerintah punya ide baru untuk memberikan akses bimbel secara gratis. Mungkin kenapa RG lebih terkenal karena promosinya juga gencar, jadi untuk rumah belajar semoga bisa makin dikenal dengan makin meningkatkan kualitas yang ada di platformnya.

    ReplyDelete
  13. Keduanya sama-sama bagus, pada intinya juga mempunyai tujuan yang sama. mungkin karena rumah belajar kemendigbud masih belum banyak yang tau dan bimbel online dengan menggandeng Brand ambasador terbaik serta promosi dimana-mana hasilnya pasti akan lebih terlihat. Seadainya keduanya bisa bekerjasama , mungkin akan lebih menarik dan bagus lagi.

    ReplyDelete
  14. menurut gw sih karna Ruangguru lebih update, baik secara konten, tampilan bahkan fasilitasnya Ruangguru bdapat berkembang dengan pesat.

    ReplyDelete
  15. Selain lebih booming, juga lebih berkualitas.

    ReplyDelete
  16. Kalo menurutku sih masing-masing punya kelebihan dan kekurangan dan itu baik bagi perkembangan pendidikan di Indonesia dimana masyarakat saat ini memiliki banyak pilihan untuk belajar. Rumah Belajar yang lebih ekonomis dan Ruangguru yg lebih lengkap dan menarik

    ReplyDelete
  17. Klo saya, jibas.net juga menarik untuk disimak, klo yg punya sanggup mengembangkan ketingkat online...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Percona Xtradb Cluster and Proxysql

  Percona Xtradb Cluster and Proxysql 192.168.2.78 dbnode1.db   node1 192.168.2.233 dbnode2.db node2 192.168.2.167 dbnode3.db node3 192.168.2.232 dbnode4.db proxysql Percona xtradb cluster 8 ProxySQL version 2.5.4-percona-1.1 Install percona xtradb cluster 8 in node1, node2, node3 # yum install https://repo.percona.com/yum/percona-release-latest.noarch.rpm # percona-release enable-only pxc-80 release # percona-release enable tools release # yum module disable mysql -y # yum install percona-xtradb-cluster Then, start service mysql in node1, node2 and node3 # service mysql start Find temporary password in mysqld.log # grep 'temporary password' /var/log/mysqld.log Login mysql with temporary password # mysql -u root -p After login, you must reset root password with your own password. MySQL> ALTER USER 'root'@'localhost' IDENTIFIED BY 'Percona@pxc8'; Then, Verify wsrep parameters in the database. MySQL> show variables like '%wsrep%'; Before conf

PT. Swadharma Sarana Informatika

Pada tulisan ini saya akan menuliskan sebuah profil perusahaan untuk memenuhi tugas matakuliah softskill Pengantar Bisnis Informatika. Profil perusahaan yang akan saya bahas adalah PT. Swadharma Sarana Informatika. Kemudian, saya mendapatkan informasi mengenai perusahaan tersebut dari teman lama saya yang bekerja diperusahaan tersebut melalui pesan facebook dan website perusahaan.             Berikut ini adalah profil dari   perusahaan tersebut yang saya kutip dari website resminya. Perjalanan PT. Swadharma Sarana Informatika dimulai pada tahun 1996, dan kehadirannya dimaksudkan untuk memberikan dukungan pelanyanan prima dalam pengelolaan sarana teknologi komputer. Dalam perkembangannya PT. Swadharma Sarana Informatika semakin tumbuh dan terus meningkat profesionalismenya sejalan dengan perubahan teknologi dan bisnis pada umumnya khususnya di sektor perbankan. Layanan yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut : -           Pemasangan (Instalasi) mesin ATM berbagai Merk. -