Skip to main content

Bab 9 Manusia dan Harapan

Harapan

Setiap manusia mempunyai harapan. Manusia yang tanpa harapan berarti manusia itu mati dalam hidup. Orang yang akan meninggal sekalipun mempunyai harapan, biasanya berupa pesan-pesan kepada ahli warisnya. Harapan bergantung paa pengetahuan, pengalaman, lingkungan hidup dan kemampuan masing-masing. Berhasil atau tidaknya suatu harapan tergantung pada usaha orang yang mempunyai harapan. Harapan harus berdasarkan kepercayaan, baik kepercayaan pada diri sendiri, maupun kepercayaan kepada Tuhan yang maha esa. Agar harapan terwujud, maka perlu usaha dengan sungguh-sungguh.
Bila dibandingkan dengan cita-cita, maka harapan mengandung pengertian tidak terlalu muluk, sedangkan cita-cita pada umumnya perlu setinggi bintar. Antara harapan dan cita-cita terdapat persamaan yaitu : keduanya menyangkut masa depan karena belum terwujud, pada umumnya dengan cita-cita maupun harapan orang menginginkan hal yang lebih baik atau meningkat. Menurut kodratnya manusia itu adalah mahluk sosial. Setiap lahir ke dunia langsung disambut dalam suatu pergaulan hidup, yakni ditengah suatu keluarga dan anggota masyarakat lainnya.
Ada dua hal yang mendorong manusia hidup dalam pergaulan manusia lain yaitu dorongan kodrat dan dorongan kebutuhan hidup. Menurut Maslow sesuai dengan kodrat dan dorongan kebutuhan hidup itu maka manusia mempunyai harapan. Pada hakekatnya harapan itu adalah keinginan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Sesuai dengan kodratnya harapan manusia atau kebutuhan manusia itu adalah :
1. kelangsugnan hidup
2. keamanan
3. hak dan kewajiban mencintai dan dicintai
4. diakui lingkungan
5. perwujudan cita-cita
Kepercayaan
Kepercayaan berasal dari kata percaya artinya mengakui atau meyakini akan kebenaran. Kepercayaan adalah hal-hal yang berhubungan dengan pengakuan atau keyakinan akan kebenaran. Dasar kepercayaan itu adalah kebenaran. Kebenaran atau benar amat penting bagi manusia. Setiap orang mendambakannya, karena ia mempunyai arti khusus bagi hidupnya. Ia merupakan focus dari segala pikiran, sikap dan perasaan. Dalam tingkah laku, perbuatan manusia selalu hati hati agar mereka tidak menyimpang dari kebenaran. Manusia sadar bahwa ketidak benaran dalam bertindak, berucap dapat mencemarkan atau menjatuhkan namanya.
Dr Yuyun suriasumantri dalam bukunya filsafat ilmu mengemukakan tiga teori tentang kebenaran :
1. teori koherensi; suatu pernyataan dianggap benar bila pernyataan itu bersifat koheren atau konsisten dengan pernyataan – pernyataan sebelumnya yang dianggap benar. Misalnya setiap manusia pasti mati. Paul manusia. Paul pasti mati.
2. teori korespondensi’ teori yang menyatakan bahwa suatu pernyataan benar bila materi pengetahuan yang dikandung penyataan itu berkorespondesni (berhubungan dengan) obyek yagn dituju oleh pernyataan tersebut.
3. teori pragmatis’ Kebenaran suatu pernyataan diukur dengan criteria apakah pernyataan tersebut bersifat fungsional dalam kehidupan praktis.
Dasar kepercayaan adalah kebenaran, sumber kebenaran adalah manusia. Kepercayaan itu dapat dibedakan atas :
1. kepercayaan pada diri sendiri
2. kepercayaan padaorang lain
3. kepercayaan pada pemerintah
4. kepercayaan pada Tuhan


Artikel :

Pendidikan Berkualitas Masih Sekadar Harapan


Pemerintah harus mengalokasikan anggaran secukupnya untuk meningkatkan berbagai sektor penunjang mutu pendidikan di seluruh provinsi di Indonesia.

Jakarta, Kompas - Indonesia memiliki peluang untuk maju pada dua atau tiga dekade mendatang dengan adanya bonus demografi, yakni banyaknya penduduk usia produktif. Namun, potensi besar yang membutuhkan generasi muda terdidik itu menghadapi persoalan serius antara lain kualitas pendidikan yang masih tergolong rendah.

Persoalan ini mengemuka dalam seminar bertajuk ”Pendidikan Indonesia: Harapan dan Kenyataan” yang dilaksanakan SMA Kolese Gonzaga di Jakarta, Sabtu (5/5). Tampil sebagai pembicara, Direktur Pembinaan SMA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Totok Supriyanto, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Daoed Joesoef, Guru Besar Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Anita Lie, dan Guru Besar Universitas Sanata Dharma Paul Suparno.

Anita Lie mengatakan belum ada kesejajaran tujuan politis dengan tujuan pembangunan. ”Anggaran pendidikan besar, tetapi indikator pencapaian pendidikan di Indonesia masih tergolong rendah,” ujar Anita Lie.

Mengutip data Bank Dunia, Anita Lie menyebutkan, rata-rata lama bersekolah di Indonesia masih 8,0 tahun untuk laki-laki dan 7,5 tahun untuk perempuan. ”Secara gamblang, data ini menunjukkan kegagalan program wajib belajar sembilan tahun yang telah ditetapkan pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah. Namun, dalam waktu dekat segera akan muncul isu populer wajib belajar 12 tahun. Ini bisa menguntungkan kepentingan politik pemerintah sekarang saja,” kata Anita Lie.

Totok Supriyanto, Direktur Pembinaan SMA Kemdikbud, mengatakan, persoalan pendidikan di negeri ini memang terus muncul meski berbagai upaya juga dilakukan pemerintah.

Paul Suparno menyoroti pendidikan nasional yang belum melaksanakan pendekatan holistik menjadikan manusia Indonesia yang utuh. ”Pendidikan karakter memang dicanangkan dan dijalankan, tetapi belum menjadi bagian dari seluruh pendidikan nasional kita,” ujar Paul.

Daoed Joesoef mengatakan, pendidikan nasional Indonesia mesti bisa berperan untuk membentuk warga bangsa. ”Sistem pendidikan nasional kita perlu menyadari anak didiknya adalah warga Indonesia, bukan anak suku yang lahir di salah satu daerah di Indonesia,” ujarnya. (ELN)



Pendapat :

Menurut saya semua manusia pasti mempunyai harapan, dan harapan itu terbentuk dari kumpulan beberapa impian seseorang. Harapan dari setiap manusia pastinya berbeda - beda. Pada artikel diatas menjelaskan bahwa pendidikan yang berkualitas masih sekedar harapan. kata harapan disini berarti sebuah angan-angan atau impian. Dari artikel tersebut dapat disimpulkan bahwa kualitas pendidikan nasional di indonesia khususnya pendidikan dasar masih sangat kurang, sebab program wajib belajar 9 tahun pemerintah masih dianggap gagal, dimana masih banyaknya daerah yang sangat minim terhadap pendidikan dasar. Kesimpulannya adalah Usaha yang dilakukan sesuai dengan harapan yang didapat.

Nama : Yudo Rahadyatmo
NPM : 57411634
Kelas : 1IA07

Comments

Popular posts from this blog

Ketika Ruang Guru Lebih Booming Dari Rumah Belajar Kemendikbud

Ketika Ruang Guru Lebih Booming Dari Rumah Belajar Kemendikbud Beberapa minggu lalu gw buka twitter dan baca-baca timeline. Tak sengaja gw melihat ada seseorang yang membuat sebuah thread yang membahas mengenai keluh kesah mengenai trend bimbel online  berbayar lebih booming dibanding platform belajar gratis yang di buat oleh kemendikbud. Daripada gw jelasin panjang lebar berikut dibawah ini beberapa potongan twit dari orang tersebut. ku mau cerita dikit nihh boleh ya? bapak aku adlh salah satu pegawai di kemdikbud. pagi ini dia ngeliat iklan bimbel online di tv, lalu dia ngomong "kok bimbel online berbayar booming banget ya? padahal papa dan temen2 udah bikin platform belajar gratis loh buat anak2 Indonesia" — nyugu (@nyuguseiyo) January 27, 2019 Kalau dilihat dari potongan twit diatas, si penulis ini adalah seorang anak yang orang tuanya bekerja di kemendikbud. Dimana adanya perbincangan ringan antara orang tua dan seorang anak yang membahas tayangan televi

Percona Xtradb Cluster and Proxysql

  Percona Xtradb Cluster and Proxysql 192.168.2.78 dbnode1.db   node1 192.168.2.233 dbnode2.db node2 192.168.2.167 dbnode3.db node3 192.168.2.232 dbnode4.db proxysql Percona xtradb cluster 8 ProxySQL version 2.5.4-percona-1.1 Install percona xtradb cluster 8 in node1, node2, node3 # yum install https://repo.percona.com/yum/percona-release-latest.noarch.rpm # percona-release enable-only pxc-80 release # percona-release enable tools release # yum module disable mysql -y # yum install percona-xtradb-cluster Then, start service mysql in node1, node2 and node3 # service mysql start Find temporary password in mysqld.log # grep 'temporary password' /var/log/mysqld.log Login mysql with temporary password # mysql -u root -p After login, you must reset root password with your own password. MySQL> ALTER USER 'root'@'localhost' IDENTIFIED BY 'Percona@pxc8'; Then, Verify wsrep parameters in the database. MySQL> show variables like '%wsrep%'; Before conf

PT. Swadharma Sarana Informatika

Pada tulisan ini saya akan menuliskan sebuah profil perusahaan untuk memenuhi tugas matakuliah softskill Pengantar Bisnis Informatika. Profil perusahaan yang akan saya bahas adalah PT. Swadharma Sarana Informatika. Kemudian, saya mendapatkan informasi mengenai perusahaan tersebut dari teman lama saya yang bekerja diperusahaan tersebut melalui pesan facebook dan website perusahaan.             Berikut ini adalah profil dari   perusahaan tersebut yang saya kutip dari website resminya. Perjalanan PT. Swadharma Sarana Informatika dimulai pada tahun 1996, dan kehadirannya dimaksudkan untuk memberikan dukungan pelanyanan prima dalam pengelolaan sarana teknologi komputer. Dalam perkembangannya PT. Swadharma Sarana Informatika semakin tumbuh dan terus meningkat profesionalismenya sejalan dengan perubahan teknologi dan bisnis pada umumnya khususnya di sektor perbankan. Layanan yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut : -           Pemasangan (Instalasi) mesin ATM berbagai Merk. -