Skip to main content

Bab 1 ( Manusia dan Kebudayaan)

1.  Manusia dan Kebudayaan


Pengertian Manusia

Manusia adalah mahluk yang luar biasa kompleks. Kita merupakan paduan antara mahluk material dan mahluk spiritual. Dinamika manusia tidak tinggal diam karena manusia sebagai dinamika selalu mengaktivisasikan dirinya. Menurut NICOLAUS D. & A. SUDIARJA, Manusia adalah bhineka, tetapi tunggal. Bhineka karena ia adalah jasmani dan rohani akan tetapi tunggal karena jasmani dan rohani merupakan satu barang. Dipandang dari segi ilmu eksakta, manusia adalah kumpulan dari partikel-partikel atom yang membentuk jaringan sistem yang dimiliki oleh manusia ( ilmu kimia ). Manusia merupakan kumpulan dari berbagai sistem fisik yang saling terkait satu sama lain dan merupakan kumpulan dari energi ( ilmu fisika ). Manusia merupakan mahluk biologis yang tergolong dalam golongan mahluk mamalia ( biologi ).


Hakekat manusia adalah sebagai berikut :

1.     Makhluk yang memiliki tenga dalam yang dapat menggerakkan hidupnya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya.
2.     Individu yang memiliki sifat rasional yang bertanggung jawab atas tingkah laku intelektual dan sosial.
3.     Mampu mengarahkan dirinya ke tujuan yang positif mampu mengatur dan mengontrol dirinya dan mampu menentukan nasibnya.
4.     Makhluk yang dalam proses menjadi berkembang dan terus berkembang tidak pernah selesai (tuntas) selama hidupnya.
5.     Individu yang dalam hidupnya selalu melibatkan dirinya dalam usaha untuk mewujudkan dirinya sendiri, membantu orang lain dan membuat dunia lebih baik untuk ditempati.
6.     Suatu keberadaan yang berpotensi yang perwujudanya merupakan ketakterdugaan dengan potensi yang tak terbatas.
7.     Makhluk Tuhan yang berarti ia adalah makhluk yang mengandung kemungkinan baik dan jahat.
8.     Individu yang sangat dipengaruhi oleh lingkungan turutama lingkungan sosial, bahkan ia tidak bisa berkembang sesuai dengan martabat kemanusaannya tanpa hidup di dalam lingkungan sosial.

Pengertian Kebudayaan

Kebudayaan berasal dari kata budaya atau buddhayah  atau bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. 



Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia kebudayaan adalah hasil kegiatan dan penciptaan batin (akal budi) manusia seperti kepercayaan, kesenian, dan adat istiadat; Antar keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakan untuk memahami lingkungan serta pengalamannya dan yang menjadi pedoman tingkah lakunya. Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.
Ada beberapa pendapat ahli yang mengemukakan mengenai komponen atau unsur kebudayaan, antara lain sebagai berikut:
  1. Melville J. Herskovits menyebutkan kebudayaan memiliki 4 unsur pokok, yaitu:
    • alat-alat teknologi
    • sistem ekonomi
    • keluarga
    • kekuasaan politik
  2. Bronislaw Malinowski mengatakan ada 4 unsur pokok yang meliputi:
    • sistem norma sosial yang memungkinkan kerja sama antara para anggota masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan alam sekelilingnya
    • organisasi ekonomi
    • alat-alat dan lembaga-lembaga atau petugas-petugas untuk pendidikan (keluarga adalah lembaga pendidikan utama)
    • organisasi kekuatan (politik)

Pendapat




Menurut pendapat saya, Manusia adalah makhluk sosial, mengapa begitu ?, sebab manusia tidak bisa hidup sendiri, manusia butuh berinteraksi dengan makhluk sosial lainnya. Manusia adalah makhluk yang memiliki akal dan pikiran lebih daripada makhluk lainnya. Sebab manusia pada hakekatnya:
  1. makhluk yang bertanggung jawab atas tugasnya,
  2. dapat menentukan arah kemana tujuan hidup,
  3. dapat mengembangkan diri, dan
  4. mempunyai rasa sayang antar sesama makhluk hidup lainnya.
Kebudayaan adalah suatu kegiatan yang lahir dari sebuah kebiasaan dari sekelompok orang atau bangsa. Kebudayaan ini menjadikan sebuah warna dalam kehidupan manusia, mengapa begitu ?, sebab, kebudayaan ini melahirkan sebuah keaneka ragaman sebuah pemikiran yang berbeda-beda tetapi dengan mempunyai tujuan hidup yang sama. Kebudayaan berfungsi sebagai alat mempererat tali persaudaraan antar manusia, karena, didalam kebudayaan memiliki unsur pokok yang saling berhubungan satu sama lain. Unsur – unsur  pokok tersebut meliputi :
  1. Sistem Ekonomi
  2. Kekuatan Politik
  3. Keluarga
  4. Norma Sosial.
Jadi, Sebenarnya kebudayaan tak kan lahir begitu saja, sebab kebudayaan itu terlahir dari sebuah kebiasaan manusia yang dilakukan terus-menerus dan selalu dilakukan diberbagai zaman. Kemudian Kebudayaan itu sebagai alat pemersatu suatu bangsa dan negara.



Nama   :           Yudo Rahadyatmo
NPM   :           57411634
Kelas   :           1IA07







Sumber :
http://carapedia.com/pengertian_definisi_manusia_menurut_para_ahli_info508.html
http://pakguruonline.pendidikan.net/buku_tua_pakguru_dasar_kpdd_12.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya
http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php

Comments

Popular posts from this blog

Ketika Ruang Guru Lebih Booming Dari Rumah Belajar Kemendikbud

Ketika Ruang Guru Lebih Booming Dari Rumah Belajar Kemendikbud Beberapa minggu lalu gw buka twitter dan baca-baca timeline. Tak sengaja gw melihat ada seseorang yang membuat sebuah thread yang membahas mengenai keluh kesah mengenai trend bimbel online  berbayar lebih booming dibanding platform belajar gratis yang di buat oleh kemendikbud. Daripada gw jelasin panjang lebar berikut dibawah ini beberapa potongan twit dari orang tersebut. ku mau cerita dikit nihh boleh ya? bapak aku adlh salah satu pegawai di kemdikbud. pagi ini dia ngeliat iklan bimbel online di tv, lalu dia ngomong "kok bimbel online berbayar booming banget ya? padahal papa dan temen2 udah bikin platform belajar gratis loh buat anak2 Indonesia" — nyugu (@nyuguseiyo) January 27, 2019 Kalau dilihat dari potongan twit diatas, si penulis ini adalah seorang anak yang orang tuanya bekerja di kemendikbud. Dimana adanya perbincangan ringan antara orang tua dan seorang anak yang membahas tayangan televi

Percona Xtradb Cluster and Proxysql

  Percona Xtradb Cluster and Proxysql 192.168.2.78 dbnode1.db   node1 192.168.2.233 dbnode2.db node2 192.168.2.167 dbnode3.db node3 192.168.2.232 dbnode4.db proxysql Percona xtradb cluster 8 ProxySQL version 2.5.4-percona-1.1 Install percona xtradb cluster 8 in node1, node2, node3 # yum install https://repo.percona.com/yum/percona-release-latest.noarch.rpm # percona-release enable-only pxc-80 release # percona-release enable tools release # yum module disable mysql -y # yum install percona-xtradb-cluster Then, start service mysql in node1, node2 and node3 # service mysql start Find temporary password in mysqld.log # grep 'temporary password' /var/log/mysqld.log Login mysql with temporary password # mysql -u root -p After login, you must reset root password with your own password. MySQL> ALTER USER 'root'@'localhost' IDENTIFIED BY 'Percona@pxc8'; Then, Verify wsrep parameters in the database. MySQL> show variables like '%wsrep%'; Before conf

PT. Swadharma Sarana Informatika

Pada tulisan ini saya akan menuliskan sebuah profil perusahaan untuk memenuhi tugas matakuliah softskill Pengantar Bisnis Informatika. Profil perusahaan yang akan saya bahas adalah PT. Swadharma Sarana Informatika. Kemudian, saya mendapatkan informasi mengenai perusahaan tersebut dari teman lama saya yang bekerja diperusahaan tersebut melalui pesan facebook dan website perusahaan.             Berikut ini adalah profil dari   perusahaan tersebut yang saya kutip dari website resminya. Perjalanan PT. Swadharma Sarana Informatika dimulai pada tahun 1996, dan kehadirannya dimaksudkan untuk memberikan dukungan pelanyanan prima dalam pengelolaan sarana teknologi komputer. Dalam perkembangannya PT. Swadharma Sarana Informatika semakin tumbuh dan terus meningkat profesionalismenya sejalan dengan perubahan teknologi dan bisnis pada umumnya khususnya di sektor perbankan. Layanan yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut : -           Pemasangan (Instalasi) mesin ATM berbagai Merk. -