Skip to main content

Resume Seminar Game Open Lecture “Game Industri, Global and Indonesia Opportunity and Challenges”



Pada Kali ini saya akan menuliskan resume inti dari seminar Game Open Lecture “Game Industri, Global and Indonesia Opportunity and Challenges” yang dilaksanakan pada tanggal 10 Juni 2014 di Kampus D Universitas Gunadarma. Pada Seminar ini terdapat empat pembicara yaitu, Andreas Adriono dari TIM UG IBC, Wong Lok Dien, Kim Kyoung Hwan, Stephen ceo.

Pembicara pertama adalah Andreas Adriono    
                                        
Game : 1. Game Yesterday & Today
                2. Game Component

Game Yesterday & Today
Adalah game popular, atau sepanjang masa. Game yang baik bukan hanya story yang baik, tetapi game yang tidak membuat orang bosan untuk memaikannya. Dalam membuat game tidak hanya dengan koding yang baik tetapi harus juga dengan ide yang baik.

Game Component
Adalah sekumpulan komponen atau isi dari game itu sendiri. Game component terdiri dari dua bagian yaitu content dan engine.
Content terdiri dari Sound, Effect, Lighting,  Level design, Animation, Etc
Engine terdiri dari:
-         Motion capture:
Faktor lain agar game itu sukses
1.     Permainan Game
2.     Bagaimana Game itu bisa disukai
3.     Harga
4.     Inovasi yang baik
5.     Waktu
6.     Permainan dalam pasar

-         Innovation controller game
Brain Computer interface : suatu device yang digunakan untuk menjembatani otak dengan computer. Innovasi ini menggunakan syaraf otak untuk mengatur suatu permainan.

Pembicara kedua adalah Wong Lok Dien

The Rise Of Gaming

Dalam membuat dan mengembangkan suatu game, diperlukan beberapa aspek yang mendukung dalam melakukan pembuatan dan pemasaran game. Ada beberapa tahap pembuatan game yang baik yaitu :
-          Bunch of references
Untuk membuat game yang baik harus diperlukan banyaknya referensi.
-          Free & Easy to Use tools
Pada tahap ini melakukan implementasi pada aplikasi game yang aka kita buat.
-          Monetize ready
Setelah game selesai dibuat maka siap untuk mendapatkan uang.
-          Open market
Pada tahap ini adalah tahap yang terpenting, yaitu aplikasi kita yang support untuk semua market khususnya platform smartphone.

Pembicara ketiga adalah Kim Kyoung Hwan

Game Engine Unity 3D

Sekarang dalam membuat game kita tidak hanya seorang programmer saja yang bisa melakukan itu, tetapi orang biasa pun bisa membuat game. Dengan aplikasi Game Engine Unity 3D ini kita banyak diberi kemudahan, dari segi tools dan dokumentasi yang sangat jelas. Kita hanya memerlukan ketelitian dan keterampilan untuk membuat desain grafis yang nyata, sehingga game yang kita buat dapat sesuai dengan aslinya. Unity 3D support untuk membuat game dari berbagai platform yaitu, iOS, Android, Flash, Windows, Mac, PS3, Xbox 360, Wii, Web Player, Blackberry.

Pembicara keempat adalah Stephen ceo

Mobile Game Market Smart Trends and Success Stories

Global mobile market game memerlukan device yang banyak untuk pengembangannya. Untuk pemasaran global mobile market sangat meningkat dibandingkan game PC. Di Amerika pada awalnya hanya memproduksi game untuk PC saja, tetapi setelah Apple muncul maka terjadi perubahan dari game PC menjadi game mobile. Pemakaian mobile game sendiri terbilang sangat banyak dan luas, karena dari anak-anak sampai orang tua pasti menyukai game. Sekarang di Asia pun sama seperti di Amerika yang lebih banyak menyukai game mobile dari pada PC. Karena alasannya bisa dimainkan dimana dan kapan saja.

Nama : Yudo Rahadyatmo
NPM : 57411634
Kelas : 3IA12

Comments

Popular posts from this blog

Program Kasir Restoran pada Python

Listing Program def menuutama(): print("") n = raw_input('masukkan nama Konsumen: ') print 'Nama Konsumen :',n print """Masukkan Pilihan 1. Bayar 2. Keluar""" print("") def menuutama1(): print """Masukkan Pilihan 1. Bayar 2. Keluar""" print("") class makanan(): def bakso (self,x): jmlhpsn = x * 7000 pajak = jmlhpsn * 0.1 total = jmlhpsn + pajak print 'Harga Bakso = Rp 7000' print '' print 'Total Makanan = Rp ',jmlhpsn print 'Pajak = Rp ',pajak print'___________________________________+' print 'Total Seluruhnya = Rp ', total return jmlhpsn def mieayam (self,x): jmlhpsn = x * 6000 pajak = jmlhpsn * 0.1 total = jmlhpsn + pajak

PT. Swadharma Sarana Informatika

Pada tulisan ini saya akan menuliskan sebuah profil perusahaan untuk memenuhi tugas matakuliah softskill Pengantar Bisnis Informatika. Profil perusahaan yang akan saya bahas adalah PT. Swadharma Sarana Informatika. Kemudian, saya mendapatkan informasi mengenai perusahaan tersebut dari teman lama saya yang bekerja diperusahaan tersebut melalui pesan facebook dan website perusahaan.             Berikut ini adalah profil dari   perusahaan tersebut yang saya kutip dari website resminya. Perjalanan PT. Swadharma Sarana Informatika dimulai pada tahun 1996, dan kehadirannya dimaksudkan untuk memberikan dukungan pelanyanan prima dalam pengelolaan sarana teknologi komputer. Dalam perkembangannya PT. Swadharma Sarana Informatika semakin tumbuh dan terus meningkat profesionalismenya sejalan dengan perubahan teknologi dan bisnis pada umumnya khususnya di sektor perbankan. Layanan yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut : -           Pemasangan (Instalasi) mesin ATM berbagai Merk. -

Pascal

Pascal adalah bahasa pemrograman yang pertama kali di buat oleh Profesor Niklaus Wirth, seorang anggota International Federation of Information Processing (IFIP) pada tahun 1971. Dengan mengambil nama dari matematikawan Perancis, Blaise Pascal, yang pertama kali menciptakan mesin penghitung, Profesor Niklaus Wirth membuat bahasa Pascal ini sebagai alat bantu untuk mengajarkan konsep pemrograman komputer kepada mahasiswanya. Selain itu, Profesor Niklaus Wirth membuat Pascal juga untuk melengkapi kekurangan-kekurangan bahasa pemrograman yang ada pada saat itu. Kelebihan Kelebihan dari bahasa pemrograman Pascal adalah: Tipe Data Standar, tipe-tipe data standar yang telah tersedia pada kebanyakan bahasa pemrograman. Pascal memiliki tipe data standar: boolean, integer, real, char, string, User defined Data Types, programmer dapat membuat tipe data lain yang diturunkan dari tipe data standar. Strongly-typed, programmer harus menentukan tipe data dari suatu variabel, dan v