Skip to main content

Implementation Object Oriented programming

Listing program

Burung.java
public class Burung {
    String nama; //atribut nama
    String jenis; //atribut jenis
    String warna; //atribut warna
    String sayap; //atribut sayap

    //method terbang
    public void terbang(){
        this.sayap = "mengepak";
        System.out.println("Burung "+this.nama+" Sedang Terbang");
    }
    //method tidur
    public void tidur(){
        this.sayap = "diam";
        System.out.println("Burung "+this.nama+" Sedang Tidur");
    }
}


BurungBeraksi.java

public class BurungBeraksi {

    public static void main(String[] args){
        Burung burungnuri = new Burung();//membuat object burungnuri dari class Burung
        burungnuri.nama = "Nuri"; //memanggil attribut nama pada object burungnuri dan memberi nilai
        burungnuri.warna = "Merah";
        System.out.println("Burung "+burungnuri.nama+" warnanya "+burungnuri.warna);
        //memangil method terbang object burungnuri
        burungnuri.terbang();
        System.out.println("Sayapnya "+burungnuri.sayap);
        burungnuri.tidur();
        System.out.println("Sayapnya "+burungnuri.sayap);
        System.out.println("");

        Burung burungmerpati = new Burung();//membuat object burungmerpati dari class Burung
        burungmerpati.nama = "Merpati";
        burungmerpati.warna = "Putih";//memanggil attribut warna pada object burungmerpati dan memberi nilai
        System.out.println("Burung "+burungmerpati.nama+" warnanya "+burungmerpati.warna);
        //memangil method terbang object burungmerpati
        burungmerpati.terbang();
        System.out.println("Sayapnya "+burungmerpati.sayap);
        burungmerpati.tidur();
        System.out.println("Sayapnya "+burungmerpati.sayap);
    }

}

Penjelasan Burung.java


Pertama-tama mendeklarasikan nama,jenis,warna dan sayap bertipe data string.

public class Burung {
    String nama; //atribut nama
    String jenis; //atribut jenis
    String warna; //atribut warna
    String sayap; //atribut sayap


Kedua,pendeklarasian method terbang dan memberikan nilai pada variabel sayap dan menampilkan output nya pada layar.
public void terbang(){
        this.sayap = "mengepak";
        System.out.println("Burung "+this.nama+" Sedang Terbang");
    }

Ketiga, pendeklarasian method tidur dan memberikan nilai pada variabel sayap dan menampilkan output nya pada layar.
public void tidur(){
        this.sayap = "diam";
        System.out.println("Burung "+this.nama+" Sedang Tidur");
    }

Penjelesan BurungBeraksi.java

Pertama membuat object burungnuri dari class Burung

Burung burungnuri = new Burung();

Kedua, memanggil attribut nama pada object burungnuri dan memberi nilai

burungnuri.nama = "Nuri";
burungnuri.warna = "Merah";

Kemudian menampilkan nilai dari object tersebut

System.out.println("Burung "+burungnuri.nama+" warnanya "+burungnuri.warna);

Ketiga, memangil method terbang object burungnuri dan menampilkan nilai dari objek burung nuri

burungnuri.terbang();
System.out.println("Sayapnya "+burungnuri.sayap);
burungnuri.tidur();
System.out.println("Sayapnya "+burungnuri.sayap);
System.out.println("");

Keempat, membuat object burungmerpati dari class Burung

Burung burungmerpati = new Burung();

Kelima, memanggil attribut warna pada object burung merpati dan memberi nilai

burungmerpati.nama = "Merpati";
burungmerpati.warna = "Putih";

Kemudian menampilkan nilai dari object tersebut

System.out.println("Burung "+burungmerpati.nama+" warnanya "+burungmerpati.warna);
Keenam, memangil method terbang object burungmerpati dan menampilkan nilai object dari burung merpati

burungmerpati.terbang();
System.out.println("Sayapnya "+burungmerpati.sayap);
burungmerpati.tidur();
System.out.println("Sayapnya "+burungmerpati.sayap);


Output Program


Kelompok :
1. FAJAR RIZKI ISKANDAR ( 52411644 )
2. HARIZ FADILLAH MUSLIM ( 53411236 )
3. YUDO RAHADYATMO ( 57411634 )
4. RENGGA MARDELY (55411970)
5. RIFARDO (56711171)

Kelas : 2IA12

Link URL Kelompok
FAJAR RIZKI ISKANDAR
HARIZ FADILLAH MUSLIM 
RENGGA MARDELY
RIFARDO

Comments

Popular posts from this blog

Program Kasir Restoran pada Python

Listing Program def menuutama(): print("") n = raw_input('masukkan nama Konsumen: ') print 'Nama Konsumen :',n print """Masukkan Pilihan 1. Bayar 2. Keluar""" print("") def menuutama1(): print """Masukkan Pilihan 1. Bayar 2. Keluar""" print("") class makanan(): def bakso (self,x): jmlhpsn = x * 7000 pajak = jmlhpsn * 0.1 total = jmlhpsn + pajak print 'Harga Bakso = Rp 7000' print '' print 'Total Makanan = Rp ',jmlhpsn print 'Pajak = Rp ',pajak print'___________________________________+' print 'Total Seluruhnya = Rp ', total return jmlhpsn def mieayam (self,x): jmlhpsn = x * 6000 pajak = jmlhpsn * 0.1 total = jmlhpsn + pajak

PT. Swadharma Sarana Informatika

Pada tulisan ini saya akan menuliskan sebuah profil perusahaan untuk memenuhi tugas matakuliah softskill Pengantar Bisnis Informatika. Profil perusahaan yang akan saya bahas adalah PT. Swadharma Sarana Informatika. Kemudian, saya mendapatkan informasi mengenai perusahaan tersebut dari teman lama saya yang bekerja diperusahaan tersebut melalui pesan facebook dan website perusahaan.             Berikut ini adalah profil dari   perusahaan tersebut yang saya kutip dari website resminya. Perjalanan PT. Swadharma Sarana Informatika dimulai pada tahun 1996, dan kehadirannya dimaksudkan untuk memberikan dukungan pelanyanan prima dalam pengelolaan sarana teknologi komputer. Dalam perkembangannya PT. Swadharma Sarana Informatika semakin tumbuh dan terus meningkat profesionalismenya sejalan dengan perubahan teknologi dan bisnis pada umumnya khususnya di sektor perbankan. Layanan yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut : -           Pemasangan (Instalasi) mesin ATM berbagai Merk. -

Pascal

Pascal adalah bahasa pemrograman yang pertama kali di buat oleh Profesor Niklaus Wirth, seorang anggota International Federation of Information Processing (IFIP) pada tahun 1971. Dengan mengambil nama dari matematikawan Perancis, Blaise Pascal, yang pertama kali menciptakan mesin penghitung, Profesor Niklaus Wirth membuat bahasa Pascal ini sebagai alat bantu untuk mengajarkan konsep pemrograman komputer kepada mahasiswanya. Selain itu, Profesor Niklaus Wirth membuat Pascal juga untuk melengkapi kekurangan-kekurangan bahasa pemrograman yang ada pada saat itu. Kelebihan Kelebihan dari bahasa pemrograman Pascal adalah: Tipe Data Standar, tipe-tipe data standar yang telah tersedia pada kebanyakan bahasa pemrograman. Pascal memiliki tipe data standar: boolean, integer, real, char, string, User defined Data Types, programmer dapat membuat tipe data lain yang diturunkan dari tipe data standar. Strongly-typed, programmer harus menentukan tipe data dari suatu variabel, dan v