Skip to main content

Program Kasir Sederhana dengan Java

Listing Program

/*
 * To change this template, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package penjualan;

/**
 *
 * @author yudo
 */
import java.util.Scanner;
public class Penjualan {

    public static void main(String[] args) {
         int jlh_data,pilihan,total,bayar,total1,harga = 0;//deklarasi integer
        
        String namamakanan;
        Scanner input = new Scanner(System.in);
        System.out.println("==================");//mencetak nilai dari objek
        System.out.println("===Menu Makanan===");//mencetak nilai dari objek
        System.out.println("| 1. Mie Ayam     |");//mencetak nilai dari objek
        System.out.println("| 2. Nasi Goreng  |");//mencetak nilai dari objek
        System.out.println("| 3. Mie Goreng   |");//mencetak nilai dari objek
        System.out.println("| 4. Mie Rebus    |");//mencetak nilai dari objek
        System.out.println("==================");//mencetak nilai dari objek
        System.out.print("Silahkan pilih yang anda pesan : ");//mencetak nilai dari objek
        pilihan = input.nextInt();
        if(pilihan == 1){
             harga = 7000;
            System.out.println("@Mie Ayam" + " harga : Rp. " + harga);           
        }else if(pilihan == 2){
            harga = 11000;
            System.out.println("@Nasi Goreng " + "harga : Rp. " + harga);
        }else if(pilihan == 3){
            harga = 10000;
            System.out.println("@Mie Goreng " + "harga : Rp. " + harga);
        }else if(pilihan == 4){
            harga = 10000;
            System.out.println("@Mie Rebus " + "harga : Rp. " + harga);
        }else{
            System.out.println("Maaf Pilihan yang Anda Pilih Salah !");
        }
        System.out.print("Jumlah Porsi ? : ");
        jlh_data = input.nextInt();
            total = harga * jlh_data; // melakukan proses perhitungan dari nilai      
            System.out.println("Anda harus membayar : Rp. " + total);//mencetak nilai dari objek total
            System.out.print("Bayar : Rp. ");
            bayar = input.nextInt();
            total1 = (int) (bayar - total);
            System.out.println("Kembaliannya : Rp. " +total1);//mencetak nilai dari objek total1
   
            return;//kembali
         }
    }
   



        
Penjelasan 

Pertama-tama mendeklarasikan variabel jlh_data,pilihan,total,bayar,total1,harga bertipe integer dan bernilai 0.
int jlh_data,pilihan,total,bayar,total1,harga = 0;
 Langkah kedua, untuk mencetak menu dilayar, gunakan perintah
System.out.println(" ");
        System.out.println("==================");//mencetak nilai dari objek
        System.out.println("===Menu Makanan===");//mencetak nilai dari objek
        System.out.println("| 1. Mie Ayam     |");//mencetak nilai dari objek
        System.out.println("| 2. Nasi Goreng  |");//mencetak nilai dari objek
        System.out.println("| 3. Mie Goreng   |");//mencetak nilai dari objek
        System.out.println("| 4. Mie Rebus    |");//mencetak nilai dari objek
        System.out.println("==================");//mencetak nilai dari objek
        System.out.print("Silahkan pilih yang anda pesan : ");//mencetak nilai dari objek
Langkah ketiga, ada perintah silahkan masukkan pilihan berupa pesanan, lalu diproses dengan kondisi jika memasukkan angka 1 maka yang akan menampilkan harga satuan dari Mie ayam dan seterusnya.

<

pilihan = input.nextInt();
        if(pilihan == 1){
             harga = 7000;
            System.out.println("@Mie Ayam" + " harga : Rp. " + harga);        
        }else if(pilihan == 2){
            harga = 11000;
            System.out.println("@Nasi Goreng " + "harga : Rp. " + harga);
        }else if(pilihan == 3){
            harga = 10000;
            System.out.println("@Mie Goreng " + "harga : Rp. " + harga);
        }else if(pilihan == 4){
            harga = 10000;
            System.out.println("@Mie Rebus " + "harga : Rp. " + harga);
        }else{
            System.out.println("Maaf Pilihan yang Anda Pilih Salah !");
        }
 Langkah keempat, menginput berapa jumlah porsi, kemudian dilakukannya proses perhitungan yaitu harga dikali dengan jlh_data yang menghasilkan total. Setelah itu mencetak nilai dari objek total.
System.out.print("Jumlah Porsi ? : ");
        jlh_data = input.nextInt();
            total = harga * jlh_data; // melakukan proses perhitungan dari nilai     
            System.out.println("Anda harus membayar : Rp. " + total);//mencetak nilai dari objek total
Langkah kelima, input nilai pada objek bayar, kemudian dilakukannya proses pengurangan antara bayar dengan total yang menghasilkan objek total1. Setelah itu mencetak nilai dari objek total1 tersebut.

            System.out.print("Bayar : Rp. ");
            bayar = input.nextInt();
            total1 = (int) (bayar - total);
            System.out.println("Kembaliannya : Rp. " +total1);//mencetak nilai dari objek total1
  
            return;//kembali
Output










Kelompok :
1. FAJAR RIZKI ISKANDAR ( 52411644 )
2. HARIZ FADILLAH MUSLIM ( 53411236 )
3. YUDO RAHADYATMO ( 57411634 )

Kelas : 2IA12

Link URL Kelompok
 - FAJAR RIZKI ISKANDAR
 - HARIZ FADILLAH MUSLIM

Comments

  1. mau banget nih punya program kasir gini buat di warung saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo yg diartikel ini sederhana banget mas. Mungkin nanti bisa dibuat yg lebih bagus lg

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PT. Swadharma Sarana Informatika

Pada tulisan ini saya akan menuliskan sebuah profil perusahaan untuk memenuhi tugas matakuliah softskill Pengantar Bisnis Informatika. Profil perusahaan yang akan saya bahas adalah PT. Swadharma Sarana Informatika. Kemudian, saya mendapatkan informasi mengenai perusahaan tersebut dari teman lama saya yang bekerja diperusahaan tersebut melalui pesan facebook dan website perusahaan.             Berikut ini adalah profil dari   perusahaan tersebut yang saya kutip dari website resminya. Perjalanan PT. Swadharma Sarana Informatika dimulai pada tahun 1996, dan kehadirannya dimaksudkan untuk memberikan dukungan pelanyanan prima dalam pengelolaan sarana teknologi komputer. Dalam perkembangannya PT. Swadharma Sarana Informatika semakin tumbuh dan terus meningkat profesionalismenya sejalan dengan perubahan teknologi dan bisnis pada umumnya khususnya di sektor perbankan. Layanan yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut : - ...

Program Kasir Restoran pada Python

Listing Program def menuutama(): print("") n = raw_input('masukkan nama Konsumen: ') print 'Nama Konsumen :',n print """Masukkan Pilihan 1. Bayar 2. Keluar""" print("") def menuutama1(): print """Masukkan Pilihan 1. Bayar 2. Keluar""" print("") class makanan(): def bakso (self,x): jmlhpsn = x * 7000 pajak = jmlhpsn * 0.1 total = jmlhpsn + pajak print 'Harga Bakso = Rp 7000' print '' print 'Total Makanan = Rp ',jmlhpsn print 'Pajak = Rp ',pajak print'___________________________________+' print 'Total Seluruhnya = Rp ', total return jmlhpsn def mieayam (self,x): jmlhpsn = x * 6000 pajak = jmlhpsn * 0.1 total = jmlhpsn + pajak ...

Ketika Ruang Guru Lebih Booming Dari Rumah Belajar Kemendikbud

Ketika Ruang Guru Lebih Booming Dari Rumah Belajar Kemendikbud Beberapa minggu lalu gw buka twitter dan baca-baca timeline. Tak sengaja gw melihat ada seseorang yang membuat sebuah thread yang membahas mengenai keluh kesah mengenai trend bimbel online  berbayar lebih booming dibanding platform belajar gratis yang di buat oleh kemendikbud. Daripada gw jelasin panjang lebar berikut dibawah ini beberapa potongan twit dari orang tersebut. ku mau cerita dikit nihh boleh ya? bapak aku adlh salah satu pegawai di kemdikbud. pagi ini dia ngeliat iklan bimbel online di tv, lalu dia ngomong "kok bimbel online berbayar booming banget ya? padahal papa dan temen2 udah bikin platform belajar gratis loh buat anak2 Indonesia" — nyugu (@nyuguseiyo) January 27, 2019 Kalau dilihat dari potongan twit diatas, si penulis ini adalah seorang anak yang orang tuanya bekerja di kemendikbud. Dimana adanya perbincangan ringan antara orang tua dan seorang anak yang membahas tayangan televi...