PT. Indosat Tbk.
Dalam
tulisan dibawah ini saya menjelaskan PT. (Perseroan Terbatas) sebagai contohnya
saya mengambil PT. Indosat Tbk. Untuk saya analisa. Perseroan terbatas
merupakan badan usaha dan besarnya modal perseroan tercantum dalam anggaran
dasar. Kekayaan perusahaan terpisah dari kekayaan pribadi pemilik perusahaan
sehingga memiliki harta kekayaan sendiri.
Indosat
(lengkapnya PT Indosat Tbk.) adalah salah satu perusahaan penyedia jasa
telekomunikasi dan jaringan telekomunikasi di Indonesia. Perusahaan ini
menawarkan saluran komunikasi untuk pengguna telepon genggam dengan pilihan pra
bayar maupun pascabayar dengan merek jual Matrix, Mentari dan IM3; jasa lainnya
yang disediakan adalah saluran komunikasi via suara untuk telepon tetap (fixed)
termasuk sambungan langsung internasional IDD (International Direct Dialing),
serta jasa nirkabel dengan merk dagang StarOne. Perusahaan ini juga menyediakan
layanan multimedia, internet, dan komunikasi data (MIDI= Multimedia, Internet
& Data Communication Services).
A. Spesifikasi
Produk dan Segmentasi Produk
Perkembangan yang sangat
pesat memungkinkan indosat mengeluarkan berbagai macam produk yang dipasarkan
antara lain :
1.
IM3
IM3
adalah kartu prabayar dari Indosat untuk anak muda Indonesia. IM3 ngasih kamu
segalanya buat seru-seruan tanpa batas. Inovasi dari IM3 bikin kamu tetap gaul
dan gak bikin kantong bolong. Seru-seruannya IM3 gak ada yang bisa nyaingin.
GSM multimedia yang paling ngerti maunya kamu. Dari mulai bikin blog sampai
download internet. Dari voice call sampe video call, IM3 juga punya. Apalagi di
tambah dengan layanan GRATIS Social Media, makanya buruan aktifin IM3-mu!
2.
Mentari
Mentari
merupakan kartu prabayar GSM/selular di Indonesia yang dikeluarkan oleh Indosat
dan dapat digunakan di seluruh wilayah Indonesia. Mentari bahkan juga dapat
dipergunakan saat internasional roaming di banyak negara. Berbagai fasilitas
disediakan untuk kemudahan dan kenyamanan berkomunikasi dengan tarif murah.
Kartu Mentari mengandung nilai Kepercayaan, Kekeluargaan dan Ekonomis, serta
memiliki fitur dan layanan yang lengkap. Pakai Mentari sekarang juga! Mau
nelpon lokal atau jarak jauh jadi semakin mudah, nyaman dan murah.
3.
StarOne
StarOne
merupakan kartu CDMA dari indosat, StarOne Layanan telekomunikasi suara dan
data berbasis jaringan akses nirkabel dengan teknologi CDMA 2000-1X. StarOne menawarkan kombinasi layanan telepon
tetap (PSTN) dan bergerak (Mobile) dengan tarif murah.
4.
Indosat Mobile
Indosat
Mobile Memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi Anda dalam berkomunikasi
kapanpun dan dimanapun, Indosat Mobile merupakan layanan selular dari Indosat
yang hadir dengan Paket Lengkap, fitur menarik dan layanan nilai tambah untuk
mendukung segala aktivitas mobile Anda. Kebutuhan Komunikasi Terpenuhi, Biaya
Lebih Terkendali
Menawarkan solusi
komunikasi dengan fokus pada layanan dan nilai lebih, Indosat Mobile hadir
dengan layanan Prabayar dan Pascabayar. Dengan Indosat Mobile, Anda bisa
mendapatkan komunikasi lengkap mulai dari Nelpon dan SMS ke SEMUA Operator
serta Internet puas dengan berbagai paket pilihan yang dihadirkan khusus bagi
Anda. Indosat Mobile hadir dengan berbagai kelebihan:
-
Pilihan Paket Lengkap untuk Telpon, SMS dan
Internet dengan pilihan Paket 24 Jam dan Paket Lengkap Jam Kerja
-
100 menit Telpon Malam ke sesama Nomor
Indosat se-Indonesia
B. Analisis
Situasi Pasar
Jika dianalisis lebih dalam
Tim pemasarannya dituntut secara cerdas dan cermat memperbarui cetak biru
pemasaran ke depan. Tiba saatnya bagi Indosat mengembangkan strategi Blue
Ocean: keluar dari persaingan paritas dan membangun medan pertempuran baru. Ada
banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan upaya akuisisi serta
mempertahankan ataupun meningkatkan pendapatan perusahaan. Antara lain, kini
baru saja diluncurkan keberadaannya: community marketing. Sebuah pendekatan
pemasaran yang berbasis pada komunitas. Menurut pendapat pelanggan, Indosat
punya pelanggan switcher dan loyalis. Kelompok switcher biasanya tertarik pada
harga dan hadiah. Adapun kelompok loyalis cenderung tidak sensitif harga.
Dengan memahami data lengkap menyangkut portofolio pelanggan, Indosat bisa
mengembangkan program yang tepat, terutama untuk pelanggan loyal.
C. Analisis
Pesaing
Pesaing dari Indosat sangat
banyak tetapi yang sangat sulit adalah Telkomsel dan XL Axiata. Masing-masing
provider cukup bersaing untuk mendapatkan pasar. Tetapi, walaupun begitu
indosat tetap menarik pelanggan dengan bonus-bonus yang dikeluarkan dan produk
yang dapat menarik pelanggan, seperti Indosat Internet Broom. Layanan paket
data Unlimited dan Kuota dengan kecepatan hingga 7,2 Mbps untuk aktifitas
seperti e-mail, chatting, downloading, blogging, browsing, dll dengan paket
pilihan sesuai dengan kebutuhan Anda. Akses yang mudah dan tarif terjangkau
dengan harga yang miring yang tidak bisa didapat diprovider lain.
D. Strategi
Promosi
Dalam proses pemasaran
setiap provider bersaing dan memikirkan strategi agar masyarakat tertarik pada
produk mereka strategi yang digunakan indosat untuk melakukan promosi antara
lain :
1.
Public Relation Indosat
Indosat
menggunakan konsep CRM (Customer Relation Management) berupa mendirikan Galeri
Indosat sebagai wadah konsumen mereka untuk menyampaikan keluhan atau
membutuhkan bantuan terhadap produk mereka. Indosat juga memiliki call centre
yang bisa dihubungi langsung oleh konsumen melalui handphone. Selain itu,
Indosat juga menggunakan konsep CSR (Corporate Social Responsibility) yaitu
sebuah bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap konsumen, karyawan,
stakeholder, dan lingkungan dalam segala aspek operasionalnya. Contohnya,
Indosat pernah menyelenggarakan kontes Indosat Wireless Innovation Community
(IWIC) yang menjadi pemegang penghargaan PR Program of The Year 2009. Kontes
ini diselenggarakan sebagai kepedulian perusahaan terhadap dunia pendidikan.
Selain itu bentuk pengiriman bantuan kepada korban bencana alam juga merupakan
salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat yang
menjadi konsumen produk mereka.
2.
Advertising Indosat
Sebagai
perusahaan telekomunikasi, promosi melalui iklan adalah hal yang mutlak
dilakukan oleh Indosat. Iklan dan promosi Indosat bertebaran di televisi, radio
dan media-media cetak. Apa lagi yang tidak mereka iklankan?
3.
Personal Selling Indosat
Untuk
memasarkan produknya, Indosat juga langsung turun ke lapangan untuk menjual
produknya ke konsumen yang potensial. Salah satu program direct selling Indosat
adalah Indosat Retail Penuh Senyum yang menyasar para pemudik di jalanan. Dengan
menggandeng ribuan perusahaan ritel seperti Indomaret dan Yomart, Indosat
selalu memastikan bahwa pelanggan mereka dapat membeli voucher pulsa saat dalam
perjalanan mudik.
4.
Sales Promotion Indosat
Untuk
unsur sales promotion, Indosat juga sering melakukan ini dari kegiatan mereka
mengikuti setiap event atau pameran telekomunikasi. Mereka bertemu langsung
dengan calon konsumen, menjelaskan produk dan jasa yang mereka jual dan
lain-lain.
5.
Direct Marketing Indosat
Indosat
senantiasa memberikan penawaran kepada konsumen mereka melalui SMS. Ini adalah
salah satu bentuk marketing secara langsung.
E. Media
Promosi berbasis TI
Indosat melakukan promosi
pada Website. Kemudian indosat juga melakukan promosi melalui media sosial
yaitu Facebook, Twitter, dan sebagainya.
KOMENTAR
Menurut saya PT. Indosat Tbk
adalah perusahaan telekomunikasi terlama setelah Telkomsel, yang dimana
perusahaan tersebut memiliki banyak produk yang sangat menarik konsumen.
Indosat memberikan layanan yang sangat baik tetapi dengan harga yang sangat
murah dari para pesaingnya. Kemudian Indosat memiliki banyak strategi promosi
yang memungkinkan dapat banyak menguasai pasar dalam telekomunikasi seluler.
Sumber :
Comments
Post a Comment