Skip to main content

Definisi New Media Beserta Manfaat dan Aplikasinya


New Media

1.       Definisi New Media

New media, sering kata-kata tersebut terdengar ditelinga kita, tetapi banyak dari kita tidak tahu apa arti dari “New media” tersebut. Disini saya akan menjelaskan apa arti dari “New media” tersebut. “New media”  terdiri dari dua buah kata yaitu, new dan media. New berasal dari kata bahasa Inggris yang berarti baru dan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Media berarti alat (sarana) komunikasi . Jadi, New Media adalah alat/sarana komunikasi baru. Baru disini dapat diartikan sebuah inovasi terbaru dalam berkomunikasi.  Istilah New media yang dimaksudkan untuk mencakup munculnya digital, informasi yang terkomputerisasi, atau jaringan dan teknologi komunikasi di bagian akhir dari abad ke-20. Teknologi yang paling digambarkan sebagai "media baru" adalah digital, sering memiliki karakteristik yang dimanipulasi, melalui jaringan, padat, kompresibel, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh mungkin internet, website, multimedia komputer, game komputer, CD-ROM, dan DVD. New media bukanlah program televisi, film, majalah, buku, atau kertas publikasi berbasis. "


2.       Pandangan New Media

Pandangan mengenai new media merupakan sebuah hasil inovasi baru, yang tercipta karena aktifitas manusia yang semakin padat, dimana inovasi media tersebut memudahkan kita dalam mendapatkan sebuah informasi yang cepat dan akurat.

3.       Manfaat New Media

Dari beberapa penjelasan diatas maka dapat kita ketahui bahwa New Media memiliki beberapa manfaat yaitu :
-          Memudahkan mengakses informasi yang cepat dan akurat.
-          Sebagai media komunikasi yang efisien, seperti chatting dan webcam yang bisa diakses dimana dan kapan saja.
-          Sebagai media hiburan, yang berupa streaming video, music, game online, social media dan lainnya.
-          Sebagai media untuk transaksi jual beli.
-          Sebagai sarana ilmu pengetahuan.
Diatas sudah disampaikan manfaat dari New Media itu, kalau ada manfaat pasti ada kerugiannya. Sekarang akan disampaikan beberapa kekurangan dari New Media itu sendiri.
Karena terbukanya seluruh informasi memungkinkan, mudahnya dalam mengakses konten dewasa yang mengakibatkan rusaknya moral generasi penerus bangsa. Apa lagi pencurian data dan penyebaran virus yang dilakukan oleh hacker dengan beberapa tujuan tertentu.



4.       Komponen New Media

Komponen-komponen New Media adalah sebagai berikut :
-          Smartphone,
-          Internet,
-          Komputer,dan
-          Tablet PC.
Komponen-komponen yang disebut diatas mengapa dapat djadikan sebagai komponen dari New Media adalah karena dapat mengakses beberapa situs sosial media yang diantaranya Facebook, Twitter, Youtube, Instagram, google+, kaskus, email, FourSquare dan sebagainya.
Dengan mudah dan cepat kita mengakses beberapa situs tersebut, apa lagi sekarang manusia dalam kehidupannya tidak terlepas dari beberapa komponen diatas. Karena kompenen-komponen tersebut memudahkan semua pekerjaan sehari-hari kita sebagai manusia.



5.       Aplikasi New Media

Seiring dengan perkembangan media yang begitu pesat, maka saya akan jelaskan beberapa situs dan aplikasi yang masuk dalam New Media yang kita gunakan setiap hari. Situs dan aplikasi yang saya maksud adalah Facebook, hampir dari semua orang mengakses situs tersebut dari mulai anak-anak sampai orang dewasa. Kita setiap hari tidak terlepas dari namanya situs Facebook, Karena Facebook itu membantu saya dalam mencari teman baru dan lama, dan membantu saya dalam diskusi dan sharing berbagai informasi. Selain Facebook ada lagi namanya Twitter. Siapa yang tidak tahu Twitter, twitter berbentuk micro blogging, Twitter diibaratkan berupa kicau burung-burung yang ada di Internet. Di Twitter Sendiri kita dapat mengetahui informasi secara cepat. Selain Twitter dan Facebook ada lagi media untuk mencurahkan semua kreatifitas kita dalam bentuk visual video, yaitu Youtube, dan ada satu lagi ini Made in Indonesia asli, siapa yang gak tahu kaskus, Kaskus berbentuk forum diskusi, wah kalau zaman sekarang gak tahu kaskus itu gak gaul, karena kaskus gak kalah tuh sama Facebook, Twitter, dan Youtube. Mengapa saya bilang begitu karena didalam banyak sekali ilmu yang saya dapat didalam sana.

Sumber :

Nama : YUDO RAHADYATMO
NPM : 57411634
Kelas : 2IA12

Comments

Popular posts from this blog

Ketika Ruang Guru Lebih Booming Dari Rumah Belajar Kemendikbud

Ketika Ruang Guru Lebih Booming Dari Rumah Belajar Kemendikbud Beberapa minggu lalu gw buka twitter dan baca-baca timeline. Tak sengaja gw melihat ada seseorang yang membuat sebuah thread yang membahas mengenai keluh kesah mengenai trend bimbel online  berbayar lebih booming dibanding platform belajar gratis yang di buat oleh kemendikbud. Daripada gw jelasin panjang lebar berikut dibawah ini beberapa potongan twit dari orang tersebut. ku mau cerita dikit nihh boleh ya? bapak aku adlh salah satu pegawai di kemdikbud. pagi ini dia ngeliat iklan bimbel online di tv, lalu dia ngomong "kok bimbel online berbayar booming banget ya? padahal papa dan temen2 udah bikin platform belajar gratis loh buat anak2 Indonesia" — nyugu (@nyuguseiyo) January 27, 2019 Kalau dilihat dari potongan twit diatas, si penulis ini adalah seorang anak yang orang tuanya bekerja di kemendikbud. Dimana adanya perbincangan ringan antara orang tua dan seorang anak yang membahas tayangan televi

Percona Xtradb Cluster and Proxysql

  Percona Xtradb Cluster and Proxysql 192.168.2.78 dbnode1.db   node1 192.168.2.233 dbnode2.db node2 192.168.2.167 dbnode3.db node3 192.168.2.232 dbnode4.db proxysql Percona xtradb cluster 8 ProxySQL version 2.5.4-percona-1.1 Install percona xtradb cluster 8 in node1, node2, node3 # yum install https://repo.percona.com/yum/percona-release-latest.noarch.rpm # percona-release enable-only pxc-80 release # percona-release enable tools release # yum module disable mysql -y # yum install percona-xtradb-cluster Then, start service mysql in node1, node2 and node3 # service mysql start Find temporary password in mysqld.log # grep 'temporary password' /var/log/mysqld.log Login mysql with temporary password # mysql -u root -p After login, you must reset root password with your own password. MySQL> ALTER USER 'root'@'localhost' IDENTIFIED BY 'Percona@pxc8'; Then, Verify wsrep parameters in the database. MySQL> show variables like '%wsrep%'; Before conf

PT. Swadharma Sarana Informatika

Pada tulisan ini saya akan menuliskan sebuah profil perusahaan untuk memenuhi tugas matakuliah softskill Pengantar Bisnis Informatika. Profil perusahaan yang akan saya bahas adalah PT. Swadharma Sarana Informatika. Kemudian, saya mendapatkan informasi mengenai perusahaan tersebut dari teman lama saya yang bekerja diperusahaan tersebut melalui pesan facebook dan website perusahaan.             Berikut ini adalah profil dari   perusahaan tersebut yang saya kutip dari website resminya. Perjalanan PT. Swadharma Sarana Informatika dimulai pada tahun 1996, dan kehadirannya dimaksudkan untuk memberikan dukungan pelanyanan prima dalam pengelolaan sarana teknologi komputer. Dalam perkembangannya PT. Swadharma Sarana Informatika semakin tumbuh dan terus meningkat profesionalismenya sejalan dengan perubahan teknologi dan bisnis pada umumnya khususnya di sektor perbankan. Layanan yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut : -           Pemasangan (Instalasi) mesin ATM berbagai Merk. -